“Yesterday is history, tomorrow is a mystery, today is a gift of God, which is why we call it the present.” ― Bil Keane

well di sekolah gue khususnya di lokal- lokal kelas sebelas kebetulan lagi hobi melakukan pembajakan masa lalu terhadap teman sendiri. salah satu media andalan tentunya facebook karena kita / setiap orang pernah alay di facebook. kalau gue? nggak pernah sih! seingat gue, gue nggak pernah menyempatkan diri dan meluangkan waktu untuk membajak masa lalu orang. alasannya bukan karena gue takut karma tapi memang gue punya setumpuk hal yang harus di eksplor ketika internet-an dan rasanya kalau cuman stalking wall orang di tahun- tahun 2010an itu hanya akan menghabiskan paket internet gue.

belakangan mungkin, salah satu alasan gue selalu mikir berkali- kali kalau mau memposting sesuatu karena sekarang gue nggak enak aja ‘lepas- lepas’ menulis sesuatu. puncaknya keraguan gue itu ketika kelas sepuluh, karena baru newbie jadi anak sma dan sering kena teror kakak kelas (ya terornya sih masih wajar *baca “ditanya- tanyain”). gue dulunya (kelas 1 sma) merasa menulis cerita- cerita tentang bias itu (*baca FF) adalah suatu hal yang cukup bikin gue malu. malu aja rasanya gue pernah nulis berchapter- chapter untuk ‘bias’ itu. intinya gue malu aja dengan history smp yang cukup ceplos dan ‘berlebih’ di dunia blog.

dan sekarang, mungkin gue nggak lagi se-paranoid itu. sekarang kan gue udah lumayan banyak posting sesuatu meskipun nggak ada lagi FF yang bisa gue hasilkan. sekarang gue pengennya merubah blog ini, yang dulunya cukup tinggi statistiknya, cukup banyak dikunjungi oleh para kpopers yang hobi baca FF, yang dulunya yah cukup membuat gue bangga lah dengan ‘prestasi/?’ blog korea ini, menjadi blog netral. blog yang isinya universal dan dapat dibaca oleh semua golongan. nggak hanya golongan kpopers dan golongan reader FF saja tapi semua orang.

satu hal yang gue sadari adalah nggak perlu malu dengan masa lalu lo. nggak perlu menutupi masa lalu lo. memang masa lalu lo mungkin cukup untuk jadi bahan tertawaan teman- teman lo sekarang atau cukup membuat mereka terkejut, nggak nyangka aja lo yang sekarangnya anak baik- baik ternyata dibaliknya lo nulis FF yang notabene dianggap ‘nggak banget’ oleh teman lo sekarang, nggak perlu. doktrin itu semua harus lo hapuskan. emang benar masa lalu lo seperti itu, emang benar nggak ada yang nyangka ketika melihat lo di dunia nyata seperti ini dan ternyata di dunia maya atau blog lo menulis berbagai hal yang diluar pikiran mereka.

ya jadi gitu. woles aja deh mulai sekarang. tulis apa yang lo suka. tulis apa yang lo pikirkan. selagi tulisan itu nggak mengandung makna negatif ya apa salahnya. kalau masalah tanggapan orang- orang itu memang resiko. akan ada tanggapan yang berbeda terhaap apa yang lo tulis. dan itu memang … nggak usah deh terlalu dipikirin.

~~***~~

“Yesterday is history, tomorrow is a mystery, today is a gift of God, which is why we call it the present.”
Bil Keane

So, How do you feel?

