Lo nggak Bakal punya Waktu untuk Ngerjain Semua Hal!

Lo nggak Bakal punya Waktu untuk Ngerjain Semua Hal!

focus-wallpapers-1

20 Maret 2016, kira- kira 2 minggu lagi menjelang gue mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA. Gue nulis postingan ini (setelah lama nggak post apa- apa juga) bukan berarti kesannya pesimis. Apalagi dilihat dari judulnya. Jadi gue mendapatkan kata- kata tersebut tentunya dari Zenius, karena kehidupan gue kelas 3 ini nggak jauh- jauh dari zenius.net.

Untuk memperjelas maksud dari judul postingan gue kali ini mungkin gue bakal mulai dengan ilustrasi nyata gue sendiri.

Jadi untuk ukuran anak SMA yang sekarang cuman punya waktu 2 minggu untuk mempersiapkan ujian nasional, ternyata gue punya banyak ide untuk dilakukan. Ide- ide tersebut datang silih berganti setiap harinya, apalagi kalau setiap hari itu gue mendapati inspirasi baru. Misalnya kaya mau mulai rajin blogging lagi (tapi sekarang guenya mau nulis hal- hal yang lebih bermanfaat untuk dibaca orang), terus mau buat produk- produk daur ulang kertas gitu, mau beli kain dasar di central pasar gitu dan entar dijadiin hijab terus pajang di Tokopedia (haha), mau melanjutkan latihan biola, mau buat lukisan sendiri, mau tamatin semua novel yang udah gue beli sejak tahun lalu tapi sampai sekarang belum terbaca juga, dan maunya benar- benar focus buat SBMPTN aja.

HUA, itulah serangkaian ide yang berseliweran di otak gue dan sebenarnya masih banyak lagi. Jadi jelas aja kan, benar maksud dari judul tulisan gue, dalam waktu saat ini gue jelas nggak bakal punya waktu untuk ngerjain semua ide itu. Ini bukannya pesimis, tapi gue bilang ini atas dasar realita dan pengalaman yang sudah- sudah.

Kalaupun memang gue udah siap UN, tapi tetap aja belum tentu gue bisa menunaikan semua ide itu. Karena habis UN, biasanya di dormy gue banyak acara- acara farewell dan segala tradisinya. Dan kalaupun nanti gue sudah pulang ke rumah alias sudah tidak tinggal di dormy lagi, tentunya habis itu masih ada lagi tanggung jawab penting yang menanti. SBMPTN (seandainya, jikalau gue belum di luluskan lewat jalur undangan). Nah, bimbel itu biasanya mulai 1 mingguan setelah UN. Terus, emangnya gue baru mau focus SBMPTN pas mulai bimbel aja? Ya enggak lah! Itu sama aja bunuh diri.

Intinya ya itu, emang semua ide gue itu cukup bermanfaat dalam pengembangan dinamika kehidupan gue sendiri tetapi hal penting yang harus gue ingat adalah skala prioritas dan fokus pada satu ide sampai hal itu benar- benar sudah tercapai dengan baik.

Kemaren- kemaren ini sebelum UAS, gue lebih sering belajar SBMPTN, belajar permateri alias deliberate practice. Dan jelas aja untuk benar- benar bisa ahli dalam satu bab materi SAINTEK, itu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Bahkan kalau 1 hari untuk ahli 1 materi SAINTEK itu gue rasa belum cukup. Jadi katakanlah dalam 2 hari gue full bahas materi fisika modern, dengerin konsepnya, kerjain semua soal yang berkaitan dengan fismod sampai kalau entar di SBMPTN gue dikasih soal seperti apapun tentang fismod gue bakalan bisa jawab. Nah itulah contoh gimana cara belajar SBMPTN yang lagi gue jalani.

Cara belajarSBMPTN kaya gini jelas aja nggak bisa disamain buat belajar UN!! Apalagi UN pelajaran ipa itu soalnya ada 40 buah ! Dalam UN kita diharapkan bisa menjawab kesemua soal, artinya benar- benar menguasai kisi- kisi! Sedangkan dalam SBMPTN kita diharapkan bisa menjawab secara benar soal yang kita mau aja, artinya kita bisa tinggal milih bab- bab mana aja yang mau kita kuasai. Dengan syarat yang kita pilih itu HARUS BENAR semuanya!

Hm bagaimanapun juga, akhirnya dalam dua minggu ini gue memutuskan untuk fokus UN dulu, karena bisa jadi universitas yang gue mau untuk SNMPTN mempertimbangkan nilai UN (meskipun isunya enggak). Dan kalau bisa seminggu ini menguasai kisi- kisi UN sih bagus, berarti minggu depan gue bisa deliberate practice lagi ke materi- materi SAINTEK dan menyisakan sebagian waktu untuk ulang- ulang buat UN! Amin!

 

 

 

So, How do you feel?

