Reminded by Om Piring

Reminded by Om Piring

20160626_152746

Tepat kemarin 26 juni 2016 ketika gue lagi iseng- iseng aja main ke Gramed. Karena emang gue lagi nggak mood nyari- nyari buku, kalaupun ada buku yang selalu gue cari di setiap gramed selalu aja stoknya nol –Guns, Germs, and Steel. Dari situ gue dapat info dari petugas gramed yang lagi memasang spanduk seseorang yang nggak gue kenal, katanya entar sore bakal ada talkshow sama seorang penulis.

Ya udah karena gue juga nggak lagi terdesak pulang dan nggak ada kegiatan seharian itu di Jogja –setelah paginya baru datang dari……….Jawa Timur:/. Setelah gue menunggu cukup lama dan cukup tidak betah dengan AC yang menusuk hidung gue kala itu, akirnya si penulis pun turun dengan editornya. Gue mengambil tempat duduk di sebelah sepupu gue dan kebetulan aja di sebelahnya lagi ada mahasiswa UGM.

Kalau bukan karena sepupu gue yang suka kepo atau ‘curious’ ini, mungkin gue juga nggak bakal tahu kalau si mahasiswa ternyata panitia ospek. Ditambah lagi si kakak mahasiswa katanya barusan habis rapat PPSMB (Nama Ospek di UGM). Yah apalagi yang ditunggu, sebagai maba yang belum tahu apa dan bagaimana, gue langsung aja tanya- tanya apa dan bagaimananya ospek ke depan.

Ya lumayan lah, gue bisa dapat info secara general. Mungkin seputar tanggal, gladi bersihnya, terus hati –hati juga beli atribut online yang dijajakan mahasiswa karena pengalaman si panitia tahun lalu itu dia kena tipu, terus siap- siap aja karena bakal ada beberapa tugas. Oke back to topic.

Gue sama sekali nggak tau tentang penulis yang lagi talkshow ini sebelumnya, beda sama cewek- cewek disekeliling yang kayanya udah akrab dengan penulis di sosmed. Tapi gapapa deh biar menambah pengalaman dan menambah kegiatan positif di bulan Ramadhan gue lanjut dengerin talkshownya.

Ringkasnya buku Alpha Girl ini berisi tentang bagaimana rencana kehidupan seorang perempuan kedepannya. Apakah setelah lulus kuliah misalnya, langsung kerja, atau sekolah dulu yang lebih tinggi mungkin itu ke luar negeri atau nggak usah tinggi- tinggi sama sekali karena toh nantinya yang namanya cewek itu kan bakal kerja di rumahan doang kalau sudah menikah. Jadi bisa dibayangkan aja apa motivasi yang bakal di utarakan si penulis di bukunya terkait masalah mindset cewek kaya gini. Gue nggak bisa jelasin karena emang gue nggak beli bukunya.

Kalau gue ingat- ingat lagi, talkshownya waktu itu nyaris isinya tanya- jawab penulis sama penonton yang mungkin 99% cewek. Dan kebanyakan pertanyaan cewek- cewek disekitar sini nggak juga tuh tentang gimana kalau sekolah tinggi atau berkarir tinggi, malahan topiknya itu almost gimana hubungan cewek dan cowok tepatnya gimana si cewek meyakinkan cowoknya kalau dia lagi proses, lagi loading menuju masa depannya, jadi harap menunggu.

Hal penting yang gue sadari ketika menghadiri talkshow waktu itu adalah soal blogging. Karena kalau soal pendidikan tinggi, rasanya kalau diingat- ingat dari keseharian gue, gue sehari –hari perasaan selalu mikirin ambisius gue untuk study and travel abroad. Jadi soal permasahalan di buku alpha girl emang nggak berkorelasi dengan gue, makanya gue juga nggak beli. Tapi hal yang lagi- lagi menyentuh masa lalu gue adalah soal blogging.

Persoalan blogging berarti itu juga persoalan menulis. Mungkin selama SMA gue bisa dikatakan inactive dari dunia blog gue, malahan puncak aktifnya gue itu pas SMP, gue bisa nulis berpuluh- puluh halaman dalam sehari meskipun itu cuman cerpen/ fangirl story, tapi yang penting dulu itu dunia tulis menulis gue bergerak, nggak stagnan abis kaya pas sma.

Kalau gue ingat- ingat lagi kenapa bisa gue nggak aktif di blog pas sma padahal justru di umur segitu gue bisa lebih berkembang,  itu karena gue nggak punya ide apapun untuk di tulis. Kalau gue lanjut nulis ff, sayangnya pas sma gue nggak suka lagi korea- koreaan. Kalau gue nulis pengalaman hidup pas sma, ah rasanya nggak terlalu menarik buat pembaca, lagian juga pas sma gue nggak terlalu banyak eksplorasi tempat- tempat baru. Gue kebanyakan belajar dan belajar aja jadi nggak terlalu ada hal menarik yang butuh gue share. Mungkin soal curhatan kehidupan dormitory asrama ada yang gue share cuman lebih di tumblr pribadi.

Jadi berhubung 4 tahun kedepan gue InsyaAllah akan menjalani dunia perkuliahan anak teknik di UGM, semoga aja gue bisa menyisihkan waktu dan pikiran untuk menulis. Setidaknya kehidupan perkuliahan ini lebih menarik dari sma. Soalnya dulu gue suka mantengin blognya anak kuliahan, terutama yang jurusannya gue minati. Gue baca banyak curhatan anak teknik apalagi cewek. Ya semoga aja hari- hari kedepan gue lebih aktif menulis, tentang teknik industri, tentang pergaulan di Jogja dan juga tentang eksplorasi tempat- tempat bagus di jawa dan sekitar.

 

2 responses to “Reminded by Om Piring

  1. I enjoy your writings on your personal account of events in your life. Keep them coming, haretami. Wish you luck in Yogyakarta.

So, How do you feel?

