CO2 yang Kita Hasilkan Sehari- Hari

20160603_132535

Source: Personal Collection

CO2 atau Karbon Dioksida atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. (Wikipedia.org,2016) CO2 sebenarnya juga memiliki peran penting dalam beberapa aktivitas kehidupan misalnya fotosintesis. Namun jika kadar CO2 diudara sudah terlalu banyak, maka hal ini akan berdampak pada kesehatan manusia, apalagi jika tidak diseimbangkan dengan jumlah tumbuhan- tumbuhan hijau di jalanan yang dilalui kendaraan bermotor.

Berbicara tentang efek samping CO2, hal ini erat kaitannya dengan polusi yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor. Di zaman serba instan ini, manusia bepergian dari satu tempat ke tempat lain rata- rata menggunakan kendaraan bermotor, terlebih jika jarak tempuh perjalanannya sudah lebih dari 2 km. Kendaraan bermotor akan menimbulkan peningkatan kadar CO2 di udara dari bahan bakar yang digunakannya. Mungkin selama ini kita tidak pernah tahu sudah berapa banyak CO2 yang kita hasilkan saat kita berkendara. Yang pasti semakin jauh perjalanan yang kita tempuh, akan semakin banyak CO2 yang dihasilkan dan pemanasan global semakin meningkat.

Inspirasi gue menulis tulisan ini adalah dari sebuah tugas yang dikasih oleh dosen matkul kimia dasar di minggu ke-4 gue kuliah di teknik industri. Tugasnya ketika dikasih sih kedengarannya sederhana, “Hitung berapa CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan anda dari tempat kost/dormitory ke kampus?” Pas gue ngerjain tugasnya, meskipun gue 1 bulan kuliah ke kampus jalan kaki, tetapi jika dimisalkan gue menggunakan kendaraan bermotor maka untuk jarak 1.3 KM yang gue tempuh akan menghasilkan 24,46 liter gas Karbon Dioksida. Lihat perhitungan berikut.

Setelah gue mengerjakan tugas yang tadinya terdengar sederhana itu, ternyata efek dosen  ngasih tugas 1 soal itu tidak sesederhana yang gue anggap sebelumnya. Mungkin kalo dibandingkan tugas- tugas hitungan kimia ketika SMA, maka akan lebih banyak tugasnya anak SMA. Memang cuman 1 soal, tapi dampaknya apa? Dari diri gue sendiri pastinya gue jadi tau berapa banyak CO2 yang akan meningkat setiap harinya jika saja 80% mahasiswa pergi ke kampus dengan moda transportasi kendaraan bermotor. Dan sebenarnya tugas ini juga bikin kita sadar kalau hal- hal instan yang kita rasakan sekarang memiliki berbagai dampak untuk bumi kita. Memang tenaga kita bisa lebih irit, tetapi bagaimana dengan daya bumi kita untuk sehat ditempati beberapa puluh/ratus tahun lagi? Dan satu lagi, gue jadi dapat inspirasi menulis.

Memang kita tidak akan mudah lepas dari ketergantungan menggunakan kendaraan bermotor. Kesibukan dan kepentingan untuk berpergian ke berbagai tempat kadang tidak bisa dielakkan. Moda transportasi umum yang bisa mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang melintas kadang tidak selamanya mendukung kepentingan individu. Tetapi masih ada hal- hal sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan dalam mendukung pengurangan emisi CO2 di udara. Misalnya  dengan menggunakan bahan bakar fosil yang memiliki tingkat polusi yang lebih rendah dan tergerak untuk menanam pohon. Diluar itu, kita bisa saja membuat gerakan seribu pohon, car free day bersama komunitas- komunitas yang ada disekitar kita.

 

So, How do you feel?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s